Labels

Selasa, 01 Januari 2013

10 lagu jepang yang enak didengar

      Berikut adalah daftar 10 lagu Jepang yang enak didengar langsung pas pertama kali, walaupun mungkin selera musik kalian bisa jadi berbeda dengan saya. Selamat membaca. :)

1. Nakushita Kotoba (Band: No Regret Life)

      Band yang saat ini sudah bubar. Hampir semua lagu mereka yang pernah saya dengar memang sangat terkesan "bersemangat" dan soulfull. Musik yang beraliran rock, dengan sound les paul yang terdistorsi dan chord yang simpel, membuat lagu-lagu mereka mudah didengar. Nakushita kotoba saya denger pertama kali pas jadi OST nya anime naruto".

2. Stay (Band: DAKOTA Star)

      Lagu yang satu ini memang tidak populer, kecuali yang pernah nonton film jepang yoru no pikunikku. menurutku lagu ini sangat nostalgic, dan sangat cocok dengan kesan yang dimunculkan dari film itu. Lagu berbahasa inggris biasanya di lafalkan dengan aneh oleh orang jepang, namun tidak untuk lagu ini. Liriknya juga bagus, apalagi bisa menyanyikan lagu ini sambil memainkan gitar. "Waw!, keren."


3. Re:pray (Solo: Aimer)

      Lagu yang satu ini saya ketahui dari saran rekan-rekan sesama penggemar musik Jepang di salah satu grup di facebook. Lagu ini adalah salah satu dari soundtrack anime bleach. Vokal aimer yang merdu dan mirip vokal cowok sangat pas untuk lagu ini. Karena penyanyinya merupakan pendatang baru di dunia musik jepang, jadi tidak banyak info tentangnya yang bisa untuk diketahui (bahkan saya sendiri susah sekali untuk mencari foto dari perempuan ini). Lagu-lagunya yang lain kebanyakan didominasi oleh dentingan piano, sehingga kesan yang ditimbulkan bahwa lagu -lagu itu cewek banget, dan lagu-lagunya memang merdu. Mendengarkan suara Aimer juga bisa membuat penggemar rock, mungkin dengan mudah menerima lagu-lagunya. Saran saya untuk lagu-lagu Aimer yang lain adalah sabishikute nemurenai yoru wa dan fuyu no diamond.

4. Futari (Band: Monkey Majik)

      Futari  adalah salah satu lagu yang juga menjadi soundtrack film yoru no pikunikku. Lagu-lagu yang menjadi soundtrack film ini bagus-bagus memang. Lagu yang dijadikan ending soundtrack nya ini sangat pas dengan ending filmnya. Kesan yang ditimbulkan dengan mendengarkan lagu ini adalah membuat perasaan lebih sejuk. Lagu ini sangat sederhana menurutku, tipikal lagu-lagu sederhana dengan kocokan gitar yang sederhana pula sehingga membuat lagu ini sangat easy listening.

      Monkey majik adalah band yang beraliran pop yang digawangi kakak beradik asal Kanada yang sudah seperti warga Jepang sendiri. Mendengarkan lagu-lagu mereka yang lain tidak akan membuat kalian menyesal karena sangat ear catching. Lagu-lagu mereka yang lain diantaranya adalah  forever, fast forward, aishiteru, dan yume no sekai.

5.Haruka Kanata (Band: Asian Kungfu Generation)

      Mungkin lagu ini sangatlah populer, terutama di kalangan naruto lovers. Lagu ini memang merupakan salah satu dari OST anime tersebut. Aliran lagu ini yang rock abiiis memberikan semangat yang luar biasa bagi yang mendengarkannya. Saya pernah mencoba membawakan lagu ini di studio band bersama teman-teman saya, dan saya mencoba untuk menyanyikannya, alhasil tenggorokan saya sakit dan hampir tidak bisa menyanyi lagi setelahnya. Sound gitar dan drumnya juga benar-benar nge-rock.

      Tidak rugi kalau kalian mau mencoba menyanyikan lagu ini dengan vokal yang keras sembari mengendarai sepeda motor, walaupun anda mungkin akan merasa seperti orang tidak waras.

6. First Love (Solo: Utada Hikaru)

      "Wuiih," First love adalah lagu jepang yang wajib didengar. Lagu ini sangat melegenda, sama dengan penyanyinya yang juga salah satu penyanyi terbaik jepang menurutku. Lagu ini lebih dari sekedar merdu. Lagu ini benar-benar menyentuh, baik dari segi irama maupun dari segi liriknya. Utada yang benar-benar fasih berbahasa inggris membuat pelafalan bahasa inggris yang seringkali aneh oleh orang jepang tetapi tidak untuk lagu ini. Bisa dibilang lagu ini adalah sebuah master piece.

7.Life is Like a Boat (Solo: Rie Fu)

      Singkat katan, kesan pertama kali saya mendengar lagu ini adalah “damai”. Itulah yang saya rasakan. Lagu ini merdu sekali. Kita akan terbawa suasana damai jika mendengarkan lagu ini. Vokal Rie fu yang “rendah” itu cocok sekali dengan lagu ini, dan juga vibra yang dihasilkan oleh pita suaranya. Komposisi lagunya juga pas. Piano, gitar dan vokalnya benar-benar padu. Terutama bagian falsetto yang dinyanyikan oleh Rie fu itu, benar-benar  membuat merinding mendengarnya. Saya sarankan, lagu ini cocok untuk pengantar tidur.

8. My Dearest (Band: Supercell)

      Supercell sebelumnya adalah band fiksi, kenapa? karena vokal yang dipakai adalah vokal buatan (vocaloid), namun tidak untuk my dearest. Lagu ini bisa dibilang rock dengan vokal yang cute. Satu hal yang paling saya suka dari lagu ini adalah komposisi instrumennya. Drumnya benar-benar bergairah dan penuh semangat, seirama dengan pianonya juga. Jarang sekali suara piano bisa menghasilkan sound yang nge-rock (terutama pas bagian solo gitarnya yang singkat tapi tajam banget itu), tapi lagu ini bisa. Mungkin perasaan yang bisa digambarkan saat kita mendengarkan lagu ini mirip seperti saat mendengarkan haruka kanata, tapi kali ini cobalah menyanyikannya dengan keras sembari mengendari sepeda kayuh. Pasti keren.

9.Hi-D (Duo: Depapepe)

      Musik instrumental memang tidak sepopuler musik dengan vokal, tapi musik instrumental bisa jadi salah satu alternatif musik yang berbeda. Musik mereka (Depapepe) seperti berbicara, seperti ber-vokal. Kalian akan tahu maksudku jika kalian sudah mendengarkan lagu-lagu mereka. Lagu hi-d hanya salah satu dari lagu mereka. Lagu ini sangat pas untuk kesan musim panas, piknik, atau hal-hal yang berbau keceriaan. Saya kadang-kadang berkhayal akan sangatlah keren jika saya dapat memainkan lagu ini  dengan gitar dan dengan seorang patner,"wuih." Jika kalian tertarik coba dengarkan juga wedding bell, arigatou, time, this way, dan one.

10. Goodbye Days (Solo:YUI)

      Ini. Lagu ini. Tidak. Keseluruhan dari apa-apa yang dihasilkan wanita ini benar-benar indah (pendapat pribadi), tapi walau bagaimanapun hampir semua lagu-lagunya sangatlah enak didengar dan indah. Kadang-kadang lagu-lagu YUI juga nge-rock. Jika kalian sama sekali belum pernah mendengarkan lagu-lagu YUI, saya sangat sarankan kalian mencobanya. Lagu diatas saya ambil karena saya rasa itu lagu miliknya yang paling populer di kalangan umum. Karakter vokal YUI  sangat powerful pada lagu-lagu diawal karirnya, seperti di lagu life, its happy line, dan rolling star. Lagu-lagu YUI sangat identik dengan suara gitar, dan penyanyinya juga sangat identik dengan gitar. Musik-musiknya juga bisa disebut sangat inspiratif, dapat dilihat dari liriknya pada lagu life, ill be, dan to mother.

      Saya ingin berbagi, lagu yang saya sangat sukai darinya ialah sea. Mendengarkan lagu ini di tepi pantai pada malam hari sangatlah spesial.

26 komentar:

  1. anggraaaaa
    ini robiiii,hahaahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak nanya bro

      Hapus
    2. oi bi, ini anggraaaaa....hahaha

      Hapus
  2. mnurut gw goodbye days itu rangking 1.. personal opinion gw aj, ahahaha

    BalasHapus
  3. for you dri azu jga enak di dgr aplgi buat tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya coba dengar dulu ya gan...:)

      Hapus
  4. satu lagi lagu jepang yang enak di dengar,dan katanya artinya sangat daleeeeem..... banget,sampai sekarang gk bosan saya dengar "KIRORO MIRAE",dan jadi kenangan bagi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hm, saya belum pernah dengar agan deddy, ntar saya coba dengar...:)

      Hapus
  5. Yoru no pikuniku animenya kya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan anime gan? itu movie, klo mau tahur lebih jelas browsing aja gan...:)

      Hapus
  6. Anna Tsuchiya - Guilty enak gan (y)

    BalasHapus
  7. hm, ane coba dengerin dulu ya gan, btw, ane baru denger lagu dari NANO, keren juga, judulnya no pain no game... :)

    BalasHapus
  8. Gan, bisa minta recomen lagu kayak lagunya depapepe ato azu gk?

    BalasHapus
  9. klo instrumen kurang banyak yg tahu gan, tapi coba dengerin ni aja dulu, "dear my love by Miyavi", musiknya keren :)

    BalasHapus
  10. Makasih ga lagunya enak" :D.
    Kalo bole nambahin yg aimer- anata ni deawanakereba. Itu juga enak gan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo yg itu ane juga udah denger gan...fans Aimer juga saya, :D

      Hapus
  11. arigatou jangan lupa kunjunginya onegai~ http://sam-handsome.xrpla2013.net/
    karna kunjungan anda sangat berarti buatku arigatouu

    BalasHapus
  12. born to be dari nani gan enak tuh lagunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nano maksud ane gan

      Hapus
    2. Iya udah denger juga gan yg Born to be... tapi ane lebih suka lagu2 yg lamanya sih semacam Magenta, Histery, Glow, calc. dkk

      Hapus
  13. Lagu azu - ashita no watashi
    Azu- stay with me
    Azu - to you
    Monkey majik - tada arigatou
    Monkey majik- story
    Monkey majik - headlight
    Hi-fi Camp - Kono Te Nobashite

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah wah, ane cuma monkey majik aja sih yang udah dengar... monkey majik emang lagunya easy listening n catchy juga... :)

      Hapus