Labels

Jumat, 14 Februari 2014

Rekomendasi Anime

      Akhir-akhir tahun 2013, dan awal-awal tahun 2014 ini aku sering sekali menonton anime. Ini berujung pada ketagihan, haha. Ada banyak sekali anime yang kusaksikan, dari yang bergenre ecchi hingga komedi. Rutinitaslah yang membuatku berujung menjadi penikmat anime. Hampir setiap hari aku bekerja dan malam adalah waktu luang, maka aku mengisinya dengan menonton anime sepanjang malam, haha, menyedihkan bukan? Para "JONES" diluar sana pasti mengerti perasaanku. Sebenarnya aku tidak peduli, aku hanya melakukan apa yang kusukai, terbatas hal itu tidak merugikan orang lain. Oke, kalau begitu silahkan disimak beberapa judul anime yang sudah pernah kutonton, dan kupikir anime-anime ini cukup layak untuk kurekomendasikan...

1. NHK ni Yokoso! (Welcome to NHK!)

Genre: Drama, Comedy, Romance, Psychological, Slice of Life, dan sedikit Ecchi
My Rating: Epic


      Apakah kalian sudah pernah mendengar istilah hikkikomori? kalau belum silahkan searching dulu di internet masing-masing, karena inti dari cerita anime ini adalah tentang hikikomori, bagaimana kehidupan sehari-harinya, kesulitan-kesulitan yang dihadapinya, cerita cinta seorang hikkikomori. Si tokoh hikkikomori itu bernama Tatsuhiro Sato, dengan tokoh heroin yang misterius Nakahara Misaki, juga tetangga sekaligus temannya Yamazaki. Singkat cerita, Sato adalah sesosok pria yang tidak punya harapan, sampai suatu saat dia bertemu dengan Misaki. Misaki yang misterius ini mengajak Sato untuk bertemu setiap malam sebagai konseling untuk menyembuhkan penyakit hikkikomori nya.

      Walaupun anime ini sudah cukup lama muncul, yaitu sekitaran tahun 2006, tapi anime ini masih layak untuk ditonton. Adapun kelebihan-kelebihannya antara lain plotnya. Plot anime ini sangat dekat dengan realitas, disuguhi dengan memunculkan perwujudan dari imajinasi-imajinasi pikiran manusia, membuatnya cukup unik, terkesan berat, dan susah ditebak. Kedua, sentuhan komedi-komedi yang biasanya ada dalam anime-anime bergenre komedi, sehingga membuatnya tidak terlihat terlalu serius dan berat. Ketiga, background music-nya yang menurutku cukup pas menggambarkan situasi ,atau momen-momen yang ada. Keempat adalah, kehadiran sosok Nakahara Misaki yang misterius, nah ini yang membuat para jones akan tertarik, haha, temasuk diriku. Dari sekian keunggulan diatas, menurutku anime ini juga memiliki kekurangan. Unsur ecchi, yah, aku tidak suka anime berbau ecchi, walaupun di dalam anime ini tidak terlalu lebay mengumbar unsur tersebut, tidak seperti anime-anime yang pada dasarnya sudah bergenre ecchi. Dari sekian pendapatku diatas, aku bisa memberikan rating 8,5 untuk NHK ni Yokoso! ini, namun bagaimanapun semuanya tergantung dari siapa yang menyaksikannya, mengkin kalian akan berpendapat berbeda, dan itu tidak masalah.




2.Hataraku Maou-sama!

Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, Supranatural
My Rating: Good

        

      Pertama sekali aku menyaksikan anime ini, kukira akan menjadi anime yang serius, penuh aksi, dan fantasi. Namun seketika aku salah sama sekali. Anime ini sungguh kocak, dengan gaya yang sangat absurd dan ironis.

      Anime ini berkisah tentang seorang raja setan (Maou Satan/Maou Sadao) dan anak buah setianya (Alciel /Shirō Ashiya) yang terjebak di dunia manusia. Hal itu disebabkan terdesaknya mereka dari perang antara setan dan manusia dimana pihak manusia yang dipimpin oleh seorang pahlawan yang sangat tangguh. Kesudahannya adalah, ketika sang pahlawan juga ikut mengejar si raja setan tadi ke dunia manusia, dan the story just begun.

      Aku sangat merekomendasikan anime ini bila kalian adalah penggemar komedi. Bayangkan saja, seorang raja kegelapan menjadi seorang pekerja sambilan di sebuah restoran cepat saji. Kalian tidak akan menyesal, komedi yang dihadirkan bisa sangat fresh. Di anime ini juga terdapat unsur romance, namun tidak terlalu terasa bila dibandingkan dengan anime-anime yang memang dasarnya bergenre romance.




4.Ano Hi Mita Hana no Namae o Boku tachi wa Mada Shiranai (Anohana)

Genre: Drama, Friendship, Romance, Supranatural
My Rating: Epic, and will become a legend





      Berkisah tentang 6 orang sahabat masa kecil yang telah berpisah semenjak kematian salah satu dari mereka. Tiba saat dimana meraka beranjak dewasa, secara tidak terduga teman masa kecil yang telah meninggal itu muncul kembali. Kemunculannya yang seperti hantu tersebut mengundang pertanyaan mengapa dia kembali.

      Menma, adalah nama tokoh utama dari anime ini. Karakter roh/hantu cantik nan lucu ini sungguh menggemaskan. Menma adalah sahabat yang mengubah kisah mereka. Kehadiran Menma hanya bisa dilihat dan didengar oleh teman laki-lakinya Jintan. Menma menghantui Jintan. Menma kembali untuk permintaannya yang belum terkabul karena kematiannya dahulu.

      Jika kalian menyukai anime bergenre drama yang adem, sendu, dan tenang, anime ini sangat cocok bagi kalian. Sisipan komedi-komedi ringan membuat anime ini tidak terlalu kelam, namun masih menyisakan kesedihan yang cukup mendalam. Kemunculan anime ini juga cukup membuat sekian air mata dari orang-orang yang menontonnya jatuh (baca=banjir). Dengan background music, Opening music, dan Ending music yang pas, anime ini patut menerima ancungan jempol. Aliran ceritanya juga dalam, menyisakan misteri hingga akhir cerita, membuat penasaran setiap kali kita menonton setiap episodenya. Anime ini juga menggambarkan kisah persahabatan yang sangat erat, masa kecil, hingga masa dewasa. Kisah cinta yang rumit pun mewarnai jalan cerita anime ini. Rumit dan menyedihkan. Alhasil ending yang sangat epik akan menanti kita di episode terakhir.


      Persiapkan air mata kalian!


4. Danshi Koukousei no Nichijou 

Genre: Comedy, Slice of life, School
My Rating: Epic 
 




      Seperti judulnya yang berarti “keseharian cowo SMA!,” anime ini berupa potongan-potongan sketsa kehidupan sehari-hari cowo SMA. Terdiri dari 3 tokoh utama, cowo semua. Nama-nama mereka, Tadakuni, Hidenori, dan yang satu lagi lupa (yang kaca mata itu). Ah sudahlah, pokoknya tonton saja. Anime ini asli murni menggambarkan kehidupan cowo sejati. Persahabatan antara cowo yang sejati, berbeda dengan sekarang sudah banyak terkontaminasi dengan yang namanya cinta dan wanita. Kehidupan dalam anime ini sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan cowo SMA yang sebenarnya. Iya, seharusnya kehidupan cowo SMA itu ya yang seperti ini.

      Salah satu anime terkocak yang pernah kutonton. Komedi-komedi dalam anime ini berupa sketsa yang memiliki hit point atau klimaks tingkat kekonyolannya di setiap sketsanya. Anime ini bisa jadi hiburan yang sangat menyegarkan, apalagi bagi penikmat anime sejati yang jenuh dengan genre atau cerita kehidupan SMA tentang cinta-cintaan.

5. Sakurasou no Pet na Kanojo

Genre: Drama, Romance, Slice of life
My Rating: Good








      Berlatar sebuah asrama yang bernama Sakurasou, tempat dimana para murid-murid SMA Sui yang bermasalah ditempatkan. Sorata Kouhei, adalah murid laki-laki yang selalu merasa bosan terhadap hidupnya, suatu ketika terjebak di Sakurasou dikarenakan diusir dari asrama reguler karena memelihara kucing yang dia pungut. Dan begitulah, kehiduan Sorata yang biasa-biasa saja berubah drastis dikarenakan semua penghuni Sakurasou adalah orang-orang aneh. Ada gadis jenius pembuat Anime, Programer, dan kedatangan gadis yang bernama Mashiro Shiina, telah membuat semua kehidupan Sorata berubah.

       Anime ini menawarkan cerita yang memuaskan. 24 episode, adalah jumlah yang sangat membuat kelenger bagi penikmat anime. Terutama untuk anime-anime yang beralur progresif. Hal yang paling menarik dalam anime ini adalah karakter Mashiro Shiina. Menurutku, karena karakter gadis emotionless/kuudere cukup jarang berperan sebagai karakter heroin utama, penampilannya yang juga menarik pasti akan membuat jones-jones berbunga-bunga, dan berharap-harap saat melihatnya. Hahaha. Oh ya, anime ini juga sedikit mengandung unsur harem, sedikit, tapi kurasa hanya pada bagian awalnya saja, dimana Sorata Mashiro dikelilingi banyak gadis. Konflik yang diangkat ke dalam anime ini juga sangat kental, dan dalam. Tentang bagaimana seorang biasa-biasa saja, melihat kearah orang yang jenius, dimana sekeras apapun mereka berusaha, hasilnya akan tetap sama, tetap akan kalah dari yang jenius, membuat iri, seakan bekata bahwa dunia ini tidak adil. Tapi konfliknya tidak berhenti sampai disitu saja, perjuangan dalam mengejar apa yang dihasratkan, juga sangat terasa dalam anime ini, sehingga bisa sangat memotivasi kalian yang mungkin merasa biasa-biasa saja. Tentang cinta yang tidak berbalas, juga tentang persahabatan. Anime ini sangat highly recomended dariku, bisa dibilang anime ini adalah anime yang cukup lengkap.

6. Another

Genre: Mistery, Horror, School
My Rating: Epic





      Anime penuh darah dan misteri. Berlatar tahun 1998 dimana seorang pelajar SMP bernama Kouichi  pindah dari Tokyo dan kemudian bersekolah di SMP di kota kelahiran ibunya. Misteri dimulai ketika Koichi bertemu dengan seorang anak perempuan yang misterius dengan penutup di mata kirinya, yang juga satu kelas dengannya. Kemudian cerita pun dimulai dengan kematian-kematian yang selalu menimpa orang-orang yang berada dan berhubungan dengan kelas tersebut. Mengapa ini terjadi? apa hubungan kematian-kematian tersebut dengan anak perempuan yang diketahui bernama Mei Misaki it? Lalu apa sangkut pautnya dengan sejarah 26 tahun yang lalu, yang menimpa kelas tersebut. Kelas terkutuk, 9-3.

      Anime yang menarik sekali bagi penikmat misteri. Horrornya juga kerasa. Menonton anime ini, seperti saat menonton anime atau film bergenre misteri lainnya, akan memunculkan dugaan-dugaan yang pada akhirnya akan terungkap. Saya juga memunculkan banyak dugaan-dugaan saat menikmati anime ini, dan sayang pada akhirnya saya tahu bawha dugaan saya itu salah, haha. Kalian akan mencoba menyatukan satu persatu kepingan puzzle yang diberikan oleh anime ini. Kalian akan mencari keterkaitan antar peristiwa masa lalu dan masa sekarang. Saran saya, tonton saja hingga episode terakhir. Dan saat kalian tahu kebenarannya, kalian akan kecewa bahwa dugaan-dugaaan yang kalian buat itu tidak terbukti.



7. School Rumble

Genre: Comedy, Romance, School
My Rating: Epic




      Anime yang boleh dibilang jadul untuk tahun-tahun sekarang, dan super duper aho/baka, namun memiliki plot yang kuat. Mungkin untuk anime-anime yang sekarang pun masih sulit menandingi anime ini, tentu saja dalam genre yang sama. Perasaan saya saat menikmati anime ini adalah senang. Wajah saya senantiasa tersenyum dan tertawa dengan kekonyolan-kekonyolan yang ditampilkan anime ini. Ditambah lagi lagu endingnya yang terdengar cute dan juga terdengar blo on

      Dengan alur cerita yang berpusat pada dua orang. yaitu Harima Kenji sang preman sekolah, dan Tsukamoto Tenma, yang bodohnya gak ketulungan. Hahaha. Entah, rasanya ceritanya rumit sekali. Aneh juga. Eh, maksudku aneh disini adalah kisah romantis nan bodoh mereka. Bagaimana si Harima yang menyukai Tenma, dan Tenma menyukai orang lain, orang aneh lagi yang bernama Karasuma. Aduh, yang pasti jangan berharap kalian akan menemukan drama-drama percintaan seperti tentang cinta segita yang menyedihkan. Hahaha. Selain itu yang menambah kerumitan dari ceritanya adalah, kehadiran karakter-karakter pendukung lainnya yang saling melengkapi ... dan bodoh juga.

      Sekian saja. Silahkan kalian tonton sendiri. Untuk episodenya saya yakin kalian akan cukup puas, karena ada Season 2 nya juga.

8. Harmonie

Genre: Fantasy, Drama
My Rating:  too Epic


      Anime movie yang hanya berdurasi kurang lebih 25 menit, tapi kesan yang ditimbulkan setelah menonton anime ini sangat dalam dan sangat menyentuh. Bisa kukatakan bahwa anime ini adalah anime yang orisinil dalam hal jalan ceritanya. Maksudku adalah, apa yang diceritakan dalam anime ini belum pernah ada dalam anime-anime sebelumnya, paling tidak dari anime-anime yang pernah ku tonton. Boleh dikatakan juga anime ini adalah tipikal pionir-pionir, semacam SAO dengan virtual world nya, atau SNK dengan Titan nya. Anime ini juga sangat indah dari segi menciptakan suasana hening nan romantis, seperti 5 centi per second, ya mungkin seperti itu. Satu hal lagi yang sangat kusuka dari anime ini adalah lagu pengisinya, yang juga berjudul Harmonie, yang dinyanyikan oleh KOKIA. Perasaan yang timbul saat klimaks ceritanya, dan ditambah dengan lagu ini, ah, sungguh membuat segenap perasaan masuk kedalam cerita yang sedang kita tonton. Kita akan bisa merasakan chemistrynya.

      Anime ini bercerita tentang dimana setiap orang yang memiliki hidup atau dunia mereka masing-masing, namun diantara kita juga terdapat orang-orang yang memakai topeng, menyembunyikan dunia mereka sendiri, malu, atau pun takut tidak diterima di masyarakat. Kita hanya bisa berbicara, atau bergaul dengan orang lain apabila kita memiliki suatu kesamaan dalam hal ketertarikan bukan? Inilah yang dirasakan oleh Makina Juri, tokoh utama wanita. Sementara Honjou Akio, si tokoh utama pria, hanya orang biasa dengan obrolan biasa dengan teman-temannya disekolah. Menceritakan tentang kesukaan mereka (anime, manga, dsb) dengan teman-temannya. Sementara Makina Juri terus berakting, suatu insiden mempertemukan dunia mereka. Dunia Akio yang selama ini biasa, dengan dunia Juri yang ternyata sama sekali tidak biasa. Ini seperti mimpi.


9.Durarara 

Genre: Action, Supranatural, Drama
My Rating: Epic

      Mengisahkan berbagai cerita dari berbagai tokoh yang berpusat di sebuah distrik bernama Ikebukuro. Cerita ini pada umumnya berpusat pada ketiga tokoh utama, Mikado, Kida, dan si gadis Anri. Ikebukuro adalah kota dengan penuh keajaiban. Mikado yang baru pindah ke Ikebukuro dari desanya, bertemu dengan Kida yang sebelumnya sudah terlebih dahulu berdomisili di Ikebukuro. Pada episode pertama kita akan bertemu dengan sesoarang gadis yang tertimpa masalah keluarga, dan menginginkan bunuh diri. Terlalu banyak campur tangan dalam kisah ini. Tokoh-tokoh yang satu per satu bermunculan saling menimbulkan keterkaitan dan hubungan antara masing-masing karakter. Dari pertama munculnya si gadis Anri, lalu pengendara tanpa kepala Selty, lalu dokter bedah eksentrik Shinra, pria Rusia yang berjualan sushi Simon, pria dengan kekuatan tak lazim Shizuo, dan masih banyak lagi. Hubungan antara tokoh-tokoh dalam anime ini sangat menarik. Hubungan mereka terlihat seperti suatu kerumitan perkelahian, cinta, dan ada juga hanya sebuah kesenangan semata. Keadaan seperti pertarungan antar gang-gang juga ada dalam anime ini, dan juga bagian dari keterhubungan dari tokoh-tokoh utama diatas. Anime ini juga menawarkan misteri-misteri yang minimbulkan rasa penasaran akan kebenarannya. Ada apa dengan Kida dibalik sifatnya yang ceria, Anri dengan rasa malu dan kesendiriannya, juga Mikado. Masa lalu dari masing –masing tokoh juga sangat menarik untuk disingkap. Selty pengendara tanpa kepala dengan masa lalunya dan pencarian kepalanya. Shizuo dengan adik dan masalahnya dengan si menyebalkan Izaya, juga yang tak kalah penting, gang misterius Dollars yang melengkapi tiga kekuatan gang di Ikebukuro. Overall, ini adalah anime yang penuh aksi, intrik, dan misteri. Sangat menarik dan mengundang rasa penasaran dalam setiap episodenya.




10. Nichijou

Genre: Comedy, School, Slice of Life
My Rating: Super Epic 


      Ini adalah anime paling idiot (maaf dengan kata ini) dari semua anime yang pernah kutonton. Asli, komedi dalam anime ini sangat orisinil, namun ada beberapa komedinya yang agak sulit ditangkap dan dimengerti, mungkin karena kendala bahasa dan budaya. Tapi secara keseluruhan, anime ini sangat-sangat bodoh.

      Nichijou berkisahkan kehidupan sehari-hari yang boleh dibilang adalah kehidupan sehari-hari yang sangat tidak lazim. Berpusat pada 3 sekawan, si bodoh Yukko, dengan partnernya Mio-chan si normal (atau mungkin tidak) dan ditengahi oleh Mai-chan yang cool. Karakter Yukko yang bodoh adalah pusat dari komedinya, kasihan dengan Mio-chan yang selalu jadi korban dan dibuat lelah. Namun begitu, Yukko tak bisa berkutik jika berhadapan dengan Mai-chan si tanpa ekspresi (kuudere). Hahaha. 

      Selain berceritakan kehidupan sehari-hari yang tidak beres dari mereka bertiga, nichijou juga mengisahkan sebuah keluarga aneh. Seorang robot perempuan yang bersifat keibuan yang dibuat oleh seorang profesor cilik yang entah darimana dia bisa membuat robot secanggih yang bernama Nano itu. Juga seekor kucing yang bisa bicara dengan gaya orang dewasa, yang bisa bicara karena syal penemuan si profesor. Alangkah luar biasanya si profesor ini. Ckckck.

Disisipi dengan potongan komedi-komedi aneh yang sulit dimengerti, atau mungkin bisa jadi tidak lucu juga, dan beberapa karakter tambahan, seperti guru laki-laki yang jatuh cinta dengan guru wanitanya, klub sepakbola aneh, dan seorang siswi yang menyukai laki-laki aneh (si siswinya juga sebenarnya juga aneh), juga beberapa potongan kisah kehidupan sehari-hari lainnya ... yang aneh juga.












5 komentar:

  1. tengkyu gan,, ada referensi buat donload nya,,

    Tambahan gan, Tonari No, Colorfull (Movie), chounibyu, dll banyak dah

    BalasHapus
  2. sip, sama-sama bro, tonari udah lengkap dan udah nonton, colorfull udah ada tapi blum nonton, chuunibyou juga udah...sip, klo ada rekomendasi yg ane blum tahu boleh tuh

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. ane tambahin ini juga lah satu, yaitu: clannad dan clannad after story. bagus juga kok ceritanya gan, monggo di searching2 dulu

    BalasHapus
  5. ane udah pernah nyoba nonton Clannad gan, baru 2 eps gitu udah bosen, ga tau kenapa, mungkin krn blum dapet alur ceritanya ya. . . padahal banyak yg ngerekomendasiin, dan juga ratingnya tinggi. . .

    BalasHapus

DJPKTN BLOG WRITING COMPETITION 2016